Kamis, 02 April 2020

5 Hal yang Wajib Kalian Ketahui Tentang Buku Promise, Love and Life Karya Nyi Penengah Dewanti

Nyi Penengah Dewanti
Edited by Layar Baca Farida
Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin membaca buku promise, love and life karya Nyi Penengah Dewanti. Tapi baru minggu kemarin akhirnya saya bisa menyelesaikan membaca buku ini dan saya merasa buku ini bisa dibaca bagi para perempuan khususnya para perempuan di Kota Kendal karena buku ini merupakan perjalanan hidup si penulis di Kendal.

Nyi Penengah Dewanti, begitulah namanya. Nama yang unik dan langka jika nama itu berada di Kota Kendal. Nyi Penengah Dewanti merupakan seorang perempuan yang lahir dan tinggal di Kota Kendal. Ayahnya orang Kendal dan ibunya orang Bali. Jadi dapat disimpulkan bahwa Nyi adalah keturunan Bali-Kendal.

Jika kalian bertemu dan berjumpa dengan Nyi Penengah Dewanti maka kalian akan menemukan sosok perempuan ceria yang selalu bersemangat. Padahal di masa lalu ini Nyi memiliki masa lalu kelam yaitu ditinggalkan ayahnya pergi sehingga Nyi harus hidup bersama dengan ibu, kakaknya, dan adiknya yang saat itu masih bayi.

Demi memenuhi kebutuhan hidup maka kakaknya Nyi pun bekerja sebagai kuli angkut barang setelah pulang sekolah. Dan Nyi pun sama yaitu bekerja di warung makan milik tetangganya setelah Nyi pulang sekolah.

Mengetahui Nyi bekerja setelah pulang sekolah dan Nyi mempunyai uang maka ayah Nyi datang menemui Nyi di warung makan tersebut hanya untuk meminjam uang dari hasil jerih payah Nyi bekerja di warung makan tersebut setelah pulang sekolah. Saya heran kenapa ada orang seperti ayahnya Nyi yang tega menelantarkan istri dan tiga anaknya dan dengan bangganya meminjam uang kepada Nyi yang telah bekerja keras di warung makan tersebut setelah pulang sekolah.

Demi merubah nasib dan memperbaiki ekonomi maka Nyi pun memberanikan diri untuk bekerja di Hongkong walaupun saat itu usia Nyi masih belum genap tujuh belas tahun dan saat itu Nyi baru lulus SMA. Hingga kemudian Nyi pun memalsukan identitas atas perintah dari agen yang memberangkatkan Nyi ke Hongkong.

Bekerja menjadi TKW di Hongkong itu sangat berat dan membutuhkan semangat dan kerja keras yang luar biasa. Nyi mendapatkan majikan yang super cerewet dan selalu menyalahkan Nyi. Memang benar ya yang dikatakan orang-orang kalau atasan itu selalu benar dan bawahan selalu salah.

Nyi pun akhirnya pindah ke majikan yang lain yang ternyata sangat membuat Nyi merasa kerepotan karena harus merawat anak-anak, mengurus rumah, dan juga memasak. Sungguh hebat sekali Nyi sudah memantapkan diri dan kuat menjadi seorang TKW di Hongkong walaupun usianya masih muda.
Nyi Penengah Dewanti
Edited by Layar Baca Farida
Banyak hal yang membuat saya kagum dengan Nyi karena di sela-sela waktunya menjadi TKW di Hongkong, Nyi memanfaatkan waktu luang tersebut untuk menulis dan mengikuti lomba menulis. Hingga pada akhirnya Nyi pun menjadi seorang penulis buku yang bukunya bisa menginspirasi orang banyak untuk tetap semangat menjalani pahit dan kerasnya kehidupan seperti buku ini. Dan berikut ini 5 hal yang wajib kalian ketahui tentang buku Promise, Love, and Life karya Nyi Penengah Dewanti yaitu,

1. Bisa Lebih Mengenal Para TKW yang Bekerja di Hongkong

Melalui buku ini maka kita bisa lebih mengenal kehidupan para TKW di Hongkong. Mulai dari mendapat majikan yang cerewet dan pekerjaan yang tiada henti, hingga teman sesama TKW dari Indonesia yang pura-pura baik padahal sebenarnya ingin menipu.

2. Mendapat Motivasi untuk Tetap Semangat dalam Menjalani Hidup

Setelah membaca buku ini maka saya pun mendapat motivasi untuk tetap semangat menjalani hidup karena seringkali saya mengeluh tentang kehidupan saya ini padahal di luar sana masih banyak orang yang menjalani hidup lebih pahit dari saya.

3. Buku Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Buku ini diangkat dari kisah nyata Dewi seorang perempuan dari Kota Kendal yang menjadi TKW di Hongkong yang harus berganti nama menjadi Nyi Penengah Dewanti agar Dewi bisa ke Hongkong dan menjadi TKW di Hongkong demi bisa merubah nasib.

4. Jumlah Halaman yang Tidak Terlalu Banyak

Pernahkah kalian merasa bosan saat membaca buku atau novel? Saya pernah merasa bosan saat membaca novel karena novel tersebut berjumlah 600 halaman sehingga jalan ceritanya terlalu panjang dan membuat saya bosan. Untungnya buku karya Nyi Penengah Dewanti ini hanya berjumlah sekitar 170 halaman saja sehingga dalam waktu beberapa jam saja maka saya sudah selesai membaca buku ini.

5. Bisa Mensyukuri Segala yang Dimiliki dan Pandai Memanfaatkan Waktu Luang

Buku ini juga membuat saya lebih mensyukuri segala yang saya miliki saat ini agar saya tidak banyak mengeluh. Saya pun mendapat pesan dari buku ini yaitu untuk pandai memanfaatkan waktu luang seperti Nyi Penengah Dewanti yang memanfaatkan waktu luang saat masih menjadi TKW untuk menulis sehingga Nyi Penengah Dewanti akhirnya menjadi seorang penulis buku.
Nyi Penengah Dewanti
Edited by Layar Baca Farida
Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan seputar buku yang berjudul Promise, Love and Life karya Nyi Penengah Dewanti. Lalu, apakah kalian sudah pernah membaca buku yang berjudul Promise, Love and Life karya Nyi Penengah Dewanti ini?

2 komentar:

  1. Namanya cukup unik juga ya, nyi penengah Dewanti, memang sepertinya ada unsur Bali dalam namanya.

    Cukup menarik juga sih bukunya, apalagi jadi tahu mengenai keadaan para TKW di Hongkong sana, yang kebanyakan dapat majikan cerewet, kalo pindah ke Arab juga kalo apes dapat majikan yang kejam walaupun tentu saja tidak semuanya begitu.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sedih kalau lihat TKW Indonesia di Hongkong atau negara lainnya yang mendapat majikan cerewet dan banyak maunya. Karena biasanya majikan selalu benar.

      Hapus